Selasa, 21 Mei 2013

CHAPTER 2 : GLOBAL E-BUSINESS AND COLLABORATION (MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM)


CHAPTER 2 : GLOBAL E-BUSINESS AND COLLABORATION
By:
Rendy Yunanto            C1C011022
M. Yanuar Sri               C1C011023
Husnudin Azmi             C1C011028
Eko Hari Suryono         C1C011047
Boerman A Hutapea   C1C011060
Kasus 1 : Domino’s sizzles dengan pizza tracker
Ketika mengingat sebuah pizza,setiap orang punya opini masing-masing.beberapa orang berpikir bahwa pizza yang sekarang memang lebih baik apa adanya.yang lain mempunyai favorit pizza yang membuatnya beda dengan pizza yang lain. Rangkaian pasar “pesan antar “ untuk pizza kira-kira mencapai $15 miliyar dollar per tahun. Untuk menemukan cara berinovasi adalah dengan merombak sistem pemprosesan transaksidi dalam toko dan dengan menyediaakan pelayanan yang lain yang berguna bagi pelanggan,seperti pizza tracker (pelacak pizza) dan yang lebih penting domino’s mencoba dengan keras untuk mengatasi reputasinya yaitu kualitas yang rendah dengan secara bertahap memperaiki bahan-bahan dan kesegaran.
Domino’s adalah bagian dari pertarungan yang panas diantara rangkaian perusahaan pizza yang terkemuka,termasuk pizza hut,papa John’s,litle caesar. Domino’s memiliki sistem poin penjualan,pulse,yang mana adalah aset yang penting untuk tetap konsisten dan fungsi managemen yang efisien dala setiap restorannya. Sebuah sistem nilai penjualan mencatat data pembelian dan pembayaran di dalam pencatatan fisik dimana barang atau jasa dibeli dan dijual mengguanakan komputer,kas pita register,scaner atau alat digital yang lain.
Di tahun 2003 domino’s mengimplementasikan pulse pada porsi yang besar didalam restorannya dan restoran tersebut melaporkan pelayanan pelanggan yang berkembang lebih baik mengurangi kesalahan dan memperpendek waktu pelatihan calon pekerja. Sejak saat itu,pulse menjadi inti utamanya dari semua franchise domino’s. Baru-baru ini domino meluncurkan platfrom hardware dan software baru yang disebut pulse evolution. yang mana sekarang digunakan hampir setiap restoran pizza yang lebih dari 5.000 cabang di US. Pulse evolution mengembangkan pada teknologi yang lebih lama dengan beberapa cara yang pertama software lama yang menggunakan model pemadatan pelanggan,yang membutuhkan penggunaan mesin secara penuh dilengkapi dengan komputer personal dengan sistem windows. Pulse evolution menggunakan rancangan pemadatan pelanggan yang dihubungkan tempat kerja dengan daya pemprosessan pengkoleksian data yang sedikit independen dan mengirimkan semuanya melalui internet ke komputer lenovo untuk pemprosesan.keminimalan harddrive,kipas dan beberapa kompenen,membuat biaya lebih rendah dan mudah untuk perawatan. Pulse evolution juga lebih mudah untuk mengaupdate dan mengamankan sistem,sejak saat itu hanya ada satu mesin dalam tempat penyimpanan yang perlu di update.
Domino’s mengeluarkan sistem pemasaran onlinenya yang memiliki nilai seni,termasuk pizza tracker. Sistemini mengijinkan para pelanggan untuk melihat gambar pizza baik ukuran,saos dan toping. Seriap gambar berubah sesuai keinginan konsumen lalu ketika pelanggan memesan mereka dapat melihat secara online pizza tracker. Pada saat pelanggan memesan lewat telepon,mereka dapat melihatnya pada web menggunakan pizza tracker dengan bantuan pulseevoulition. Pada tahun 2010 domino’s memperkenalkan sebuah sistem survei online untuk mendapatkan informasi dari hal tersebut.
Seandainya terjadi perubahaan yang sangat besar dalam sistem,domino’s berpengalaman dalam menanggualangi. Domino’s menginginkan franchise mereka untuk memilih pulse untuk memenuhi kebutuhan mengamankan data,tetapi beberapa franchise berganti dari pulse dan mencari alternatif yang lain. Setelah domino’s memaksa franchise mereka untuk menggunakan pulse,pengadilan Amerika Serikat menyarankan domino’s agar tidak memaksa franchisenya untuk menggunakan sistem pulse.
Pizza hut dan papa John’s juga memiliki kemampuan pemesanan secara online.Tetapi lebih sedikit dari pizza tracker. Sekarang pesanan secara online sebanyak 20% berasal dari domino’s.tetapi persaingan untuk menjual pizza dengan teknologi yang semakin maju semakin kompleks,pelanggan pizza sekarang bisa menggunakan i-Phone dan pelanggan papa John’s dapat memesan hanya dengan mengirim lewat sms. Semua restoran pizza yang berkelas akan terus mengembangkan inovasi dalam proses pemesanan pizza.
JAWABAN PERTANYAAN KASUS
  1. Transaction Processing Systems adalah sistem komputerisasi yang melakukan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk melakukan bisnis, seperti pesanan penjualan masuk, pemesanan hotel, penggajian, catatan karyawan tetap, dan pengiriman. Deskripsi dari proses bisnis.di kasus ini domino’s mengguanakan sistem yang disebut pulse dan kemudian berkembang menjadi pulse evolution yang terdiri dari hardware dan software selanjutnya domino’s menggunakan sistem pemesanan yaitu pizza tracker.
Input: data pembelian dan pembayaran barang dan jasa
Proses : (pulse evolution) pertama,software pemesanan menggunakan “thick-client” model yan mana membutuhkan semua mesin yang menggunakan software yang dilengkapi secara penuh dengan komputer pribadi yang menggunakan windows.pulse evolution di pihak yang lain menggunakan arsitektur “thick-client”yang mana di tempat kerja yang memiliki network dengan daya memproses dan mengumpulkan data dan mengirimkannya lewat internet yang didukung oleh komputer pribadi lenovo untuk memprosesnya. Dan juga pulse evolution mudah di update dan lebih aman karena,hanya ada satu mesin di restoran yang harus di update.
Output : data yang digunakan oleh managemen domino’s untuk memperbaiki pelayanan pelanggan,mengurangi kesalahan dan waktu pelatihan.

  1. Dengan sistem tersebut dapat membantu domino’s dengan cara menyediakan data yang relatif akurat seperti data pembelian dan pembayaran jasa sehingga data tersebut dapat digunakan managemen domino’s untuk tetap konsisten dan efisien dalam menerapkan fungsi managemennya di setiap restoran. Sehingga dapat dicapai pelayanan konsumen yang lebih baik mengurangi kesalahan dan meperpendek waktu pelatihan pegawai baru.

  1. Sistem pemesanan online yang mereka gunakan mempermudah para pelanggan dalam memesan pizza. Para pelanggan  tidak harus datang langsungke restoran, mereka hanya cukup menghubungi melalui telepon ataupun melalui web restoran. Selain itu mereka juga bisa memilih beragam pilihan pizza dan melihat langung proses pembuatan secara online. Dengan kemudahan dan keunikan ini membuat pelanggan menjadi tertarik dan lebih puas.
  2. Domino’s menggunakan sistem Pulse, yaitu sistem yang mengumpulkan informasi pembelian maupun pembayaranpada suatu tempat dimana barang dan jasa dijual maupun dibeli menggunakan komputer, cash register, scanner dan peralatan digital lainnya


KASUS 2 : MEETING DI DUNIA MAYA = TEKNOLOGI CANGGIH
Akhir akhir ini muncul teknologi untuk mengadakan pertemuan dan meeting tanpa ada tatap muka antar individunya yaitu videoconference. Sekitar 20% dari perjalanan untuk melakukan pertemuan bisnis digantikan dengan teknologi videoconference dengan online. Videoconference memberikan dua atau lebih individual di beberapa wilayah untuk berkomunikasi dua arah atau lebih melalui jasa internet. Videoconference sekarang berkembang sebesar 30% setiap tahunnya karena videoconference tersebut mengurangi biaya dan memberikan manfaat lain yaitu kemudahan untuk bertemu dengan partner, anak perusahaan, kolega, dan supplier diseluruh dunia.
Hari – hari ini sistem videoconference memberikan tampilan/gambar yang lebih baik. Diatas dari teknologi videoconference dikenal dengan telepresence. Telepresence membuat pengguna merasakan seperti mereka benar benar ada di daerah tersebut. Telepresence menyediakan kualitas videoconference yang lebih tinggi di pasar. Cisco System menginstall sistem telepresence di lebih 500 organisasi di dunia.
Di masa lalu produk videoconference sangat tidak mungkin digunakan oleh bisnis kecil karena biaya yang tinggi tapi akhir-akhir ini, LifeSize mengenalkan produk videoconference yang lebih murah. Sekarang produk videoconference sangat mudah digunakan oleh bisnis kecil dengan menggunakan videoconference dengan kualitas yang tinggi. Sekarang muncul produk videoconference seperti Skype yang gratis di install. Produk ini memiliki kualitas yang lebih rendah dari videoconference yang berbayar dan mereka hanya dapat berbicara dengan orang yang menggunakan sistem yang sama. Videoconference yang terbaik dapat berinteraksi dengan alat yang berlainan seperti multi-party conferencing, video mail dengan penyimpanan yang tidak terbatas, tidak ada biaya hubungan dengan jarak jauh, ada call history.
Sebelum perusahaan menginstal videoconference dan telepresence, maka perusahaan sebaiknya memastikan apakah mereka benar-benar membutuhkan teknologi tersebut untuk menghindari ancaman kerugian. Perusahaan harus mengetahui bagaimana karyawan mengadakan pertemuan dan dengan teknologi apa, kemampuan mereka dalam berhubungan dan seberapa banyak mereka melakukan travelling. Karena videoconference ini banyak karyawan yang dapat membawa pekerjaannya kerumah dan mengefisiensikan kehidupan pribadi mereka.
JAWABAN PERTANYAAN KASUS
1.      Setuju, karena dengan videoconference ,para karyawan ataupun perusahaan dapat bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan seperti nyata dengan partner-partnernya misalnya supplier, pemegang saham,kolega dan anak perusahaan di berbagai daerah yang berbeda dengan cepat dan menghilangkan biaya perjalanan dinas untuk bertemu dengan pihak luar perusahaan tersebut.
2.      Perbedaan antara videoconference dan telepresence adalah telepresence memberikan efek yang lebih nyata kepada pengguna seperti mereka sedang berada di wilayah tersebut daripada resolusi gambar dari videoconference yang lebih rendah.
3.      Videoconference menghemat biaya perjalanan dinas yang seharusnya ada untuk bertemu dengan pihak luar perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menggunakan penghematan tersebut ke investasi lain/ dalam proses produksi perusahaan. Selain itu videoconference juga memudahkan komunikasi dengan pihak luar seperti konsumen, supplier. Sehingga perusahaan dapat mengetahui dan menanyakan secara langsung dan cepat tentang produk barang/jasa yang diproduksi perusahaan.
4.      Saya mengidentifikasikan terlebih dahulu seberapa sering perusahaan saya sering melakukan pertemuan dengan pihak luar di daerah yang berbeda dan jauh dari tempat perusahaan beroperasi. Selain itu juga apakah perusahaan saya memiliki jaringan internet yang cukup untuk mengoperasikan videoconference tersebut.
Jika Perusahaan saya sering melakukan pertemuan ke daerah lain dan perusahaan saya memiliki jaringan internet yang cukup maka saya akan menginstal dan mengimplementasikan videoconference di perusahaan saya
Jika Perusahaan saya tidak sering melakukan pertemuan ke daerah lain dan hanya di daerah tempat perusahaan beroperasi saja dan perusahaan saya tidak memiliki jaringan internet yang cukup maka tidak akan menginstal dan mengimplementasikan videoconference diperusahaan saya.
JAWABAN PERTANYAAN TENTANG SITUS WEBEX
  1. Dengan webex perusahaan –perusahaan dapat secara gratis dalam jangka waktu tertentu melakukan meeting/pertemuan dengan pihak luar dan melakukan aktivitas lain seperti pelatihan, penjualan, kolaborasi dengan perusahaan lain, membandingkan produk dll. Dengan webex perusahaan dapat menghemat biaya pertemuan dan perjalanan dinas perusahaan kecil dan besar.
  2. Webex menyediakan videoconference yang gratis dalam jangka waktu tertentu dan kualitas yang lebih baik, cepat dan memiliki banyak konten dan manfaat selain pertemuan misalnya aktivitas penjualan, pelatihan, kolaborasi dan membandingkan produk. Dan dapat diakses di semua alat/ device elektronik seperti iPhone, Blackberry, Windows, Linux, Mac.
  3. Membagikan webcam kepada seluruh pihak luar yang berkepentingan untuk melakukan meeting/pertemuan, menghadiri pertemuan/meeting, mengkoneksikan meeting audio (suara) agar dapat mendengar suara dari pertemuan tsb, menjadwalkan pertemuan, memilih opsi sharing yang terbaik, share/berbagi tampilan(dekstop) agar pihak lain dapat melihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar